Memperbaiki hati yang hancur memang tidak pernah mudah. Tidak ada cara cepat untuk menghentikan perasaan dan pikiranmu agar tidak terlalu sakit. Berhenti mencintai kayaknya koq bukanlah pilihan ya. Jadi bagaimana kita bisa mengatasi rasa sakit dan sedihnya ya? :

Jalan terus, jangan berputar-putar di tempat yang sama.
Saya menyadari hal yang paling sulit buat seseorang yang lagi hancur hatinya adalah berdiri diam dan merasakan rasa sakit yang sangat dihati. Tapi memang harus  dilakukan. Karena sebenarnya tidak ada jalan pintas untuk keluar dari rasa sakit. Ini fakta sederhana: kamu harus bersedih untuk melanjutkan hidupmu. Ketika kamu berusaha melewati rasa sakit yang hebat, kamu dapat muncul sebagai orang yang lebih kuat yang siap untuk mengatasi masalah. Jika memang terasa sulit, menghadapi rasa sakit ini, kamu dapat melakukannya bersama psikolog.

Jalan terus, jangan berputar-putar di tempat yang sama. Saya menyadari hal yang paling sulit buat seseorang yang lagi hancur hatinya adalah berdiri diam dan merasakan rasa sakit yang sangat dihati. Tapi memang harus  dilakukan. Karena sebenarnya tidak ada jalan pintas untuk keluar dari rasa sakit.

Lepaskan dan nikmati kemerdekaanmu lagi.
Mencoba mengisi kekosongan sendiri – tanpa terburu-buru ke hubungan baru atau berusaha keras untuk memenangkan kembali pacarmu. Inilah yang dinamakan melepaskan diri. Mencoba hal baru atau ikuti komunitas berisi orang-orang baru dapat kamu coba.

Tuliskan, kumpulkan kekuatanmu.
Ada teknik yang dapat membantumu ketika sudah merasa kalah untuk mencoba lagi adalah dengan membuat daftar kekuatanmu. Jika kamu mengalami kesulitan membuatnya, kamu bisa mencoba menanyakan kelebihanmu pada orang yang kamu percayai. Namun, jangan terlalu berpegangan pada orang lain ya, cobalah dengarkan dirimu sendiri, ini sangatlah penting.

Tuliskan, kumpulkan kekuatanmu. Ada teknik yang dapat membantumu ketika sudah merasa kalah untuk mencoba lagi adalah dengan membuat daftar kekuatanmu. Jika kamu mengalami kesulitan membuatnya, kamu bisa mencoba menanyakan kelebihanmu pada orang yang kamu percayai. Namun, jangan terlalu berpegangan pada orang lain ya, cobalah dengarkan dirimu sendiri, ini sangatlah penting.

Tertawa dan jangan takut menangis.
Tawa bisa sangat menyembuhkan, begitu juga dengan menangis loh. Oh iya, menangis ini juga untuk laki-laki. Menangis bukanlah tanda kelemahan. Banyak alasan fisiologis yang berkontribusi pada kekuatan penyembuhan air mata. Beberapa dari mereka telah didokumentasikan oleh ahli biokimia William Frey yang telah menghabiskan belasan tahun sebagai kepala tim peneliti mempelajari air mata. Di antara temuan mereka adalah bahwa air mata emosional (dibandingkan dengan air mata iritasi, misalnya ketika memotong bawang) mengandung produk sampingan biokimia beracun, sehingga menangis menghilangkan zat beracun ini dan mengurangi stres emosional.

Tertawa dan jangan takut menangis. Tawa bisa sangat menyembuhkan, begitu juga dengan menangis loh. Oh iya, menangis ini juga untuk laki-laki. Menangis bukanlah tanda kelemahan. Banyak alasan fisiologis yang berkontribusi pada kekuatan penyembuhan air mata.

Ayo selesaikan rasa sakit dihatimu.
Cobalah kerjakan kesedihanmu dalam perilaku sehari-hari, melakukan olahraga misalnya. Kamu dapat berlari, berenang, atau menendang dalam olahraga muay thai. Olahraga dapat memberi bantuan segera. Pada tingkat fisiologis – karena olahraga meningkatkan aktivitas serotonin dan / atau norepinehrine yang menstimulasi kimia otak yang mendorong pertumbuhan sel-sel saraf – tetapi juga pada tingkat emosional, karena kamu mengambil alih dan menjadi penguasa pikiran dan tubuhmu sendiri.

Dan jika saatnya tiba, ingatlah untuk mencintai lagi.
Begitu hati kita hangus terbakar karena hubungan yang berakhir, kita memiliki dua pilihan: kita bisa menutup hati kita sehingga suatu hari tidak ada yang bisa masuk ke dalam. Atau kita bisa mencintai lagi. Ingat aja, kebahagiaanmu ya kamu yang menentukan ya.

Ayo selesaikan rasa sakit dihatimu. Cobalah kerjakan kesedihanmu dalam perilaku sehari-hari, melakukan olahraga misalnya. Kamu dapat berlari, berenang, atau menendang dalam olahraga muay thai. Olahraga dapat memberi bantuan segera. Pada tingkat fisiologis – karena olahraga meningkatkan aktivitas serotonin dan / atau norepinehrine yang menstimulasi kimia otak yang mendorong pertumbuhan sel-sel saraf – tetapi juga pada tingkat emosional, karena kamu mengambil alih dan menjadi penguasa pikiran dan tubuhmu sendiri.