Bu Anindya, jadi begini bu saya selalu bermasalah dengan diri saya sendiri dan tidak tahu mengapa. Pertama kali saya pergi ke psikolog adalah ketika saya berusia 12 tahun. Pada saat itu saya merasa ga bisa bergerak dan tidak bisa bicara apapun. Baru-baru ini, karena alasan lain, saya harus menemui psikolog lain. Kembali saya tidak dapat berbicara dengannya. Saya sebenarnya sudah malas untuk ke psikolog, tetapi saya tahu kalo saya butuh mengungkapkan isi hati dan isi pikiran saya untuk menjadi lebih baik. Setahun yang lalu saya juga mencoba bertemu psikolog lainnya lagi, saya kembali terdiam, menjadi kesal dan akhirnya malah ingin cepat-cepat pergi saja. Saya tidak menjawab pertanyaan apa pun kecuali “; ya” atau tidak”;. Padahal saya telah berjanji pada diri saya sebelum saya buat janji temu dengan psikolog.

 

Saya benar-benar merasa kesal sendiri dengan hal ini,  saya sangat ingin meningkatkan kesehatan mental saya tetapi sepertinya tidak pernah dapat berbicara tentang hal-hal yang saya alami – walaupun saya telah menuliskan semuanya di kepala saya. Bagaimana ya bu? Saya hanya ingin bisa menjadi lebih baik. Terima kasih.
(Devi, 20 tahun, mahasiswa)

Saya sebenarnya sudah malas untuk ke psikolog, tetapi saya tahu kalo saya butuh mengungkapkan isi hati dan isi pikiran saya untuk menjadi lebih baik. Setahun yang lalu saya juga mencoba bertemu psikolog lainnya lagi, saya kembali terdiam, menjadi kesal dan akhirnya malah ingin cepat-cepat pergi saja. Saya tidak menjawab pertanyaan apa pun kecuali “; ya” atau tidak”;. Padahal saya telah berjanji pada diri saya sebelum saya buat janji temu dengan psikolog.

Hai Devi, untuk sebagian orang memberikan kesempatan pada orang lain untuk membantu kita memang bisa terasa sangat sulit. Sepertinya kebutuhan anda untuk mengontrol situasi dan kondisi lebih kuat daripada keinginan anda untuk menjadi lebih baik. Anda sebenarnya sedang melindungi diri sendiri dari mendapatkan bantuan yang baik. Anda mungkin memiliki alasan sadar atau tidak sadar untuk menjaga ketakutan anda sendiri. Apa yang sebenarnya terjadi pada anda hingga muncul kesimpulan yang membuat anda percaya bahwa berbagi keresahan batin terasa tidak aman. Sepertinya anda memiliki beberapa alasan untuk menolak ketika anda berusia 12 tahun, perlu dipahami juga apakah alasan-alasan itu masih berlaku sekarang saat anda berusia 20 tahun.

Untuk sebagian orang memberikan kesempatan pada orang lain untuk membantu kita memang bisa terasa sangat sulit. Sepertinya kebutuhan anda untuk mengontrol situasi dan kondisi lebih kuat daripada keinginan anda untuk menjadi lebih baik. Anda sebenarnya sedang melindungi diri sendiri dari mendapatkan bantuan yang baik. Anda mungkin memiliki alasan sadar atau tidak sadar untuk menjaga ketakutan anda sendiri.

Dunia online sudah memudahkan anda ya untuk mulai berbicara dengan psikolog, anda mengirimi saya cerita anda tulis kepada saya dan respons ini. Email cerita anda ini sebenarnya dapat membantu saya sebagai psikolog untuk mengetahui cara memahami dan membantu anda.

Saya ingin anda tahu bahwa anda memegang kendali. Saya ingin anda tahu bahwa saya ada untuk membantu anda, tetapi hanya jika anda memutuskan untuk membiarkan saya membantu. Psikolog lain mungkin memiliki pendekatan lain. Bagaimanapun, email anda ini merupakan langkah pertama yang luar biasa dari anda kepada saya.

Jika anda mau membuat janji temu dengan saya, saya akan memulainya dengan hanya diam bersama anda. Saya ingin anda tahu bahwa anda memegang kendali. Saya ingin anda tahu bahwa saya ada untuk membantu anda, tetapi hanya jika anda memutuskan untuk membiarkan saya membantu. Psikolog lain mungkin memiliki pendekatan lain. Bagaimanapun, email anda ini merupakan langkah pertama yang luar biasa dari anda kepada saya.

Sesi konseling hanya membantu ketika anda dan psikolog adalah mitra. Anda membawa kondisi dan masalah anda. Psikolog membawa pengetahuan dan pengalamannya. Saya harap anda mau mencoba menemui psikolog lagi. Jelas ada sesuatu yang mengganggu anda, dan sangat layak untuk dipahami sampai ke dasarnya dan kita selesaikan bersama. Semoga segalanya dapat membaik ya!

Sesi konseling hanya membantu ketika anda dan psikolog adalah mitra. Anda membawa kondisi dan masalah anda. Psikolog membawa pengetahuan dan pengalamannya. Saya harap anda mau mencoba menemui psikolog lagi. Jelas ada sesuatu yang mengganggu anda, dan sangat layak untuk dipahami sampai ke dasarnya dan kita selesaikan bersama. Semoga segalanya dapat membaik ya!