Pastinya kamu yang remaja atau kita sebagai orangtua tidak ingin memikirkan anak-anak kita akan berurusan dengan orang-orang yang memiliki niat jahat di internet. Pastinya ini adalah hal menakutkan yang perlu dihindari dalam kehidupan berinternet anak-anak kita. Ada ajakan seksual yang tidak diinginkan, pemangsa yang mencoba melakukan kontak offline, atau ajakan tidak pantas lainnya, penting untuk memastikan anak-anak kita tahu apa yang harus dilakukan jika mereka bertemu seseorang secara online memiliki niat buruk. Kita tidak akan selalu bersama anak-anak kita, dan kita tidak bisa mengendalikan segalanya. Oleh sebab itu kita perlu menguatkan mereka dengan informasi yang jelas.

Kita dapat mulai berbicara dari hati ke hati dengan anak. Seringkali anak lebih tau mengenai aplikasi-aplikasi baru, terutama aplikasi yang memudahkan kontak dengan orang asing. Jadi ga usah segan melihat-lihat aplikasi tersebut bersama anak anda. Tentu saja dengan pemikiran terbuka ya dan tidak terburu-buru menghakimi anak hingga memarahi mereka.

Mengidentifikasi predator online adalah keterampilan yang berguna, tidak hanya untuk korban tetapi untuk siapa pun yang menggunakan internet. Sebenarnya ada banyak jenis predator online. Ada yang bertujuan untuk melakukan penipuan uang, ada juga predator seksual yang menargetkan orang dewasa hingga anak-anak, dan ada juga troll internet (tentang troll nanti dilain artikel ya) salah satu jenis predator yang sadis.

Kita dapat mulai berbicara dari hati ke hati dengan anak. Seringkali anak lebih tau mengenai aplikasi-aplikasi baru, terutama aplikasi yang memudahkan kontak dengan orang asing. Jadi ga usah segan melihat-lihat aplikasi tersebut bersama anak anda. Tentu saja dengan pemikiran terbuka ya dan tidak terburu-buru menghakimi anak hingga memarahi mereka. Perhatikan hal-hal berikut ya:

Pelecehan Seksual bukanlah kesalahan anak
Anak-anak masih di bawah umur secara hukum, intelektual, emosional, dan fisik, tidak dapat memberikan persetujuan untuk hubungan apa pun dengan orang dewasa. Predator online sangat pendai memanipulasi, dan merekalah yang selalu memegang kendali, tidak peduli bagaimana hubungan itu dibuat. Anak anda tidak boleh malu dengan apa yang mereka alami karena predator. Bahkan jika seorang anak memulai percakapan dengan orang dewasa, mereka tidak bersalah ke mana arah pembicaraan itu. Ingatkan mereka bahwa jika ada orang dewasa berkomunikasi dengan mereka secara online, jangan segan untuk memberitahu anda. Jika anak anda benar-benar memberi tahu anda bahwa mereka telah berkomunikasi dengan predator online, sangat penting untuk mengutamakan keamanan dan kenyamanan mereka daripada diri anda sendiri. Percakapan ini akan emosional bagi anda berdua, tetapi anda perlu menunjukkan kepada anak anda bahwa anda ada untuk mereka dan bahwa mereka dapat mempercayai anda untuk membantu mereka menghadapi masalah ini.

Anak-anak masih di bawah umur secara hukum, intelektual, emosional, dan fisik, tidak dapat memberikan persetujuan untuk hubungan apa pun dengan orang dewasa. Predator online sangat pendai memanipulasi, dan merekalah yang selalu memegang kendali, tidak peduli bagaimana hubungan itu dibuat. Anak anda tidak boleh malu dengan apa yang mereka alami karena predator.

Beri tahu anak anda bahwa anda selalu mendukungnya
Hal terpenting yang dapat anda lakukan untuk membantu anak anda adalah memastikan mereka tahu bahwa mereka dapat memberi tahu anda apa pun, tidak peduli seberapa takut, malu, atau kesalnya mereka. Ketika anak-anak tahu bahwa mereka dapat datang kepada anda untuk meminta bantuan tanpa takut dihakimi atau dihukum, mereka akan jauh lebih mudah untuk curhat kepada anda jika mereka menemukan diri mereka dalam situasi di mana mereka membutuhkan bantuan anda. Pastikan anak anda tahu bahwa kapan pun seseorang membuat mereka merasa tidak nyaman saat online, mereka harus segera memberi tahu anda. Jika mereka dihadapkan pada sesuatu yang mengganggu, mereka mungkin membutuhkan bantuan untuk memproses perasaan mereka tentang apa yang terjadi.

Pastikan anak anda tahu bahwa kapan pun seseorang membuat mereka merasa tidak nyaman saat online, mereka harus segera memberi tahu anda. Jika mereka dihadapkan pada sesuatu yang mengganggu, mereka mungkin membutuhkan bantuan untuk memproses perasaan mereka tentang apa yang terjadi.

Pemantauan untuk pengamanan online
Membesarkan anak di era smartphone adalah wilayah yang seringkali belum jelas batasannya bagi orang tua saat ini. Bahkan dengan percakapan terbuka dan berkelanjutan, kontrol orang tua dan pengaturan privasi, anak-anak masih berisiko menghadapi bahaya online. Ingat juga untuk memantau aktivitas online untuk mengetahui potensi masalah. Ajari mereka menjaga kerahasiaan akun dan menetapkan batasan di mana dan kapan anak dan remaja anda dapat menggunakan perangkat (misalnya tidak sendirian di kamar mereka, tentukan batasan waktu). Alat yang paling ampuh adalah ketika kita sebagai orangtua dapat menjadi suara penuntun di kepala anak-anak kita. Tidak dipungkiri memang jika berbicara pada anak dan remaja seringkali  membutuhkan pengulangan. Memang bisa menjadi rumit: Remaja ingin disukai dan diperhatikan, jadi perhatian positif dari seseorang bisa sangat menarik sekali untuk mereka. Orang jahat juga tidak selalu benar-benar asing; terkadang anak anda mengenal dan tahu keberadaan mereka, tetapi kemudian ada hal-hal yang menjadi aneh bahkan menakutkan.

Membesarkan anak di era smartphone adalah wilayah yang seringkali belum jelas batasannya bagi orang tua saat ini. Bahkan dengan percakapan terbuka dan berkelanjutan, kontrol orang tua dan pengaturan privasi, anak-anak masih berisiko menghadapi bahaya online. Ingat juga untuk memantau aktivitas online untuk mengetahui potensi masalah. Ajari mereka menjaga kerahasiaan akun dan menetapkan batasan di mana dan kapan anak dan remaja anda dapat menggunakan perangkat (misalnya tidak sendirian di kamar mereka, tentukan batasan waktu). Alat yang paling ampuh adalah ketika kita sebagai orangtua dapat menjadi suara penuntun di kepala anak-anak kita.

Facebook, Zoom, Whatsapp dan banyak aplikasi lain yang telah menciptakan peluang bagi masyarakat umum untuk bergabung dengan berbagai kegiatan dan minat khusus secara gratis. Terbuka untuk umum, menarik baik anak-anak hingga orang dewasa. Bicarakan dengan anak-anak anda tentang masalah ini dan diskusikan penggunaan Internet yang sesuai dan bertanggung jawab. Viktimisasi seksual online terhadap anak-anak dan remaja adalah masalah yang sangat nyata.